Tuesday, March 16, 2010

Maguro Sushi Terenak Sedunia

Makanan Jepang yang paling populer adalah sushi dan sashimi. Tapi tak semua orang suka karena elemen utamanya adalah ikan mentah. Orang Jepang memang suka sekali makan ikan mentah. Dulu, saya paling tidak suka makan ikan mentah. Gimana gitu rasanya, mentah kok dimakan. Tapi rupanya itu hanya soal paradigma. Sejak kecil kita terbiasa makan masakan yang diproses hingga matang. Jadi, hambatan terbesar adalah pada pikiran kita yang melihat bahwa ikan mentah itu amis dan geli.

Karena masalahnya di pikiran, dan bukan di lidah, maka membenahi pikiran adalah jalan utama untuk bisa mencicipi ikan mentah. Dan ketika hal itu diatasi, saya jamin, anda akan tergila-gila mencicipi sushi dan sashimi.

Kadang kita kerap rancu antara istilah sashimi dan ragam sushi. Sashimi adalah irisan ikan mentah. Sementara sushi adalah nasi sekepal yang diberi seiris ikan mentah di atasnya. Sushi jenis ini dikenal dengan nama Nigiri-Zushi. Jenis sushi Nigiri inilah yang populer di Jepang. Sementara, jenis sushi lain yang sering kita lihat adalah Maki-Zushi, atau sushi roll, yang disajikan berbentuk roll atau silinder. Jenis sushi lainnya adalah Temaki-zushi, yaitu sushi yang dibuat berbentuk cone. Ada satu lagi jenis sushi lain yang baru saya cicipi akhir-akhir ini. Namanya Chirashi-Zushi. Ini adalah irisan ikan mentah (biasanya tuna), telur ikan salmon, irisan telur dadar, nori dan wasabi, yang disebar dan dijadikan topping di atas nasi hangat dalam sebuah bowl. Bisa juga disebut sushi bowl.

Di pasar ikan Tsukiji Tokyo, ada banyak warung sushi yang ramai dikunjungi penggila sushi. Salah satu yang menjadi favorit banyak orang adalah Sushi Zanmai. Warung ini memang terkenal menyajikan sushi ikan tuna atau Maguro yang terenak sedunia. Soal rasa memang selera, tapi soal maguro sushi ini nampaknya anda akan sependapat. Di warung ini, anda akan dibawa melayang tinggi menikmati ekstase dari sajian maguro sushinya. Semakin segar daging ikan tuna, semakin tinggi harganya, dan semakin nikmat rasanya.

Maguro atau ikan tuna, adalah ikan yang paling pupuler untuk dijadikan sushi di Jepang. Maguro berasal dari jenis ikan bluefin tuna yang mulai langka dan dibatasi penangkapannya. Tak heran harganya bisa sangat mahal. Kalau di restoran top kota Tokyo, satu biji maguro sushi bisa dihargai 2000 yen atau sekitar Rp200.000. Tapi di Sushi Zanmai Tsukiji, harganya jauh lebih murah dan kadang sering di-Sale dengan discount yang lumayan.

Daging di bagian perut tuna, disebut dengan toro. Ini adalah bagian dari tuna yang paling lezat dan berlemak. Kalau kita memesan set maguro, maka akan disajikan urutan maguro toro berdasarkan kasta-kastanya, mulai dari yang uenak, sangat uenaaak, dan mak nyoosss. Bagian pertama yang disajikan adalah Akami. Akami adalah daging dari tuna. Kalau kita memesan maguro di restoran sushi, hampir dipastikan kita mendapatkan akami. Rasa akami ini sungguh enak dan lembut.

Setelah akami, beranjaklah mencicipi Toro. Nah, inilah bagian yang berlemak dari ikan tuna, diperoleh dari bagian perutnya. Toro dibagi ke dalam dua bagian. Bagian pertama adalah, chutoro, yang merupakan bagian perut antara daging dan sisi terdalam perut (otoro). Rasa chutoro ini begitu ueendang gulindang, lembut, dan berlemak.

Dari chutoro, sekarang cicipi otoro atau O-toro. Inilah bagian yang paling berlemak dan lembut dari tuna, yang terdapat di sisi paling bawah dari ikan tuna. Cicipi O-toro, anda akan merasakan puncak kenikmatan. Rasanya begitu lembut tak tepermanai, meleleh di atap langit-langit mulut anda. Mencicipi toro ini, anda seolah dibawa melayang bersama ikan tuna menyelami debur lautan samudra atlantik.

Pengetahuan tentang ikan menjadi sangat penting dalam menikmati sushi. Selain Maguro, yang populer juga adalah salmon (sake), selain itu ada saba (mackerel) yang agak berlemak dan amis. Udang (ebi), kerang (hotategai), scalop (hotate), kepiting (kani), cumi (ika), octopus (tako), juga biasa disajikan sebagai sashimi atau sushi. Oh ya, ada lagi anago (belut laut) dan unagi (belut air tawar) yang lezat. Yang menarik juga untuk dicoba adalah uni (bulu babi). Rasanya segar dan lezat. Bulu babi? yup, cobalah. Mungkin inilah babi yang halal untuk dimakan heheheā€¦ Selamat mencicipi Sushi.

Salam sushi..

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home