Thursday, December 17, 2009

Menikmati "Gairah" Samgyetang

Makanan adalah salah satu elemen dasar kehidupan bangsa Korea. Selain rumah tradisional (Hanok), dan pakaian tradisional (Hanbok), Korea juga memiliki kekayaan makanan tradisional. Susurilah jalan-jalan panjang di kota Seoul, Korea Selatan. Maka anda akan menemukan kekayaan kuliner Korea yang siap untuk dicicipi. Dari aneka ragam pilihan itu, salah satu yang wajib coba adalah Samgyetang. Ini adalah sejenis sup ayam hangat. Bedanya, adalah pada tampilan dan elemen bumbu-bumbunya yang khas Korea banget. Kedai yang menyajikan Samgyetang banyak terdapat di kota Seoul. Anda bisa pilih sesuai selera.



Pada Samgyetang, ayam disajikan utuh di dalam kuah sup yang hangat dan harum. Ada dua jenis ayam yang digunakan, ayam putih atau ayam hitam (yang dagingnya memang hitam). Ayam tersebut dikukus terlebih dahulu dengan olahan bumbu khas Korea. Di dalam rongga tubuh ayam, dimasukkan nasi, kacang-kacangan, rempah, dan ginseng. Anda akan menemukan ginseng utuh di dalam sup ini. Aroma ginsengnya tercium hangat dan harum membaluri tubuh ayam rebus. Kebanyakan turis dan pendatang menyebut Samgyetang ini dengan nama Chicken Ginseng Soup, atau Sup Ayam Ginseng. Cicipilah sesendok kuahnya, anda akan dibawa pada kehangatan dan kelembutan yang mendayu-dayu. Ambil daging ayamnya sesuwir demi sesuwir, cocolkan pada bumbu merica dan garam yang disediakan, kemudian cicipi bersama nasi yang menyatu dengan akar-akar ginseng. Hmmmmm, top markotob deh rasanya.

Sup ayam ginseng ini juga diyakini memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Paduan bumbu-bumbu herbalnya menjadi elemen penting untuk meningkatkan daya tahan dan vitalitas tubuh. Ginseng juga terkenal sebagai makanan kesehatan bangsa Korea sejak berabad lampau. Tapi, berhati-hatilah anda bila masih harus menjalani malam-malam panjang sendiri di kota Seoul. Usai makan sup ginseng ini, bisa jadi gairah malam langsung membara. Yaah, namanya juga khasiat. Siapa bisa duga kan? Hehehe. Demikian laporan singkat saya dari wilayah Myeong Dong, Seoul, Korea Selatan. Salam.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home