Thursday, April 02, 2009

Katupe Padang Pasar Mayestik

Minggu lalu saya menemani istri belanja ke pasar Mayestik. Dan Pasar Mayestik sungguh majestic. Mampirlah ke sana kalau mau cari sarapan yang berbobot. Di pasar Mayestik ini, ada ketupat sayur padang yang dahsyat. Buat para penggemar ketupat sayur padang, atau "katupe" sayur, pasti sudah memahami cita rasa tak terlupakan dari sajian di pasar ini. Varian ketupat Padang memang unik. Kalau ketupat sayur betawi menggunakan sayur semur dengan berbagai jenisnya, dan kalau ketupat sayur Jawa menggunakan sayur opor atau labu siam, maka ketupat sayur padang tampil dengan guyuran kuah gulai cubada’ (nangka), dan kerap pula memakai sayur paku (pakis). Taburan krupuk warna pink es doger (warna disko dangdut) juga menjadi ciri dari ketupat sayur padang. Plus juga, deraian kripik singkong baladonya, membuat katupe sayur makin menggiurkan.

Di pasar Mayestik, ketupat sayur padang berjalan melintasi zaman. Ia menjadi menu sarapan pagi berbagai generasi yang tak boleh dilewatkan kalau anda mampir ke sana. Ketupat Sayur Padang Uni Suwarni misalnya, sudah lebih dari 25 tahun berjualan di sana. Kadang di tenda, kadang diusir oleh Tramtib sehingga ia kerap berjualan di belakang mobilnya. Cicipi satu piring ketupatnya. Pilihlah kondimen ati dan limpa sebagai pendamping gulai cubada'. Wuiiiih, menggetarkan lidah. Ueeenaak tenan. Endang gulindang. Sip Markusip. Dan Top markotob. Kegurihan dari gulai cubada, berpadu dengan kelindan ati dan limpa, menjadikan katupe sayur padang Uni Suharti semakin lezaaat.

Kalau berkesempatan ke pasar Mayestik, atau menemani istri belanja, maka selain belanja mata, belanja katupe sayur adalah kenikmatan yang luar biasa. Sembari menunggu belanjaan beres, perut kenyang dan hati senang. Selamat menikmati Katupe Sayur.....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home