Monday, February 27, 2006

Gouzi nan eksotis


Dalam salah satu kesempatan mengunjungi Jeddah, Arab Saudi, saya diundang menghadiri jamuan makan. Menunya sungguh mendegut ludah. Sayapun kagum dan terpana. Saat itulah saya merasakan eksotisme Timur Tengah di meja makan. Dans ton immensite, aku terpukau di hadapan kemahabesaranMu, begitu kata Voltaire.



Inilah makanan yang Die die must try. Janganlah kita mati dulu sebelum mencicipi kenikmatan yang satu ini. Sangat eksotis. namanya Gouzi. Tertulis di menu adalah stuffed baby lamb. Ini adalah anak domba muda yang dipanggang. Setelah matang, kecoklatan, mlekoh kulit dan lemaknya, domba ini bulet-bulet diletakkan di atas nasi yang dikukus bersama kacang, pistachio, kismis, cengkeh, dan rempah-rempah lainnya. Bagi beberapa orang, makanan ini akan memberi kesan traumatis karena kambing ini disajikan lengkap bersama kepalanya. Anthony Bourdain, pembawa acara a cook's tour, menulis bahwa kambing panggang seperti ini bagai mayat korban kebakaran yang hendak diautopsi. Oleh karenanya, kalau kata om Bondan Winarno, Gouzi masuk ke dalam golongan makanan yang acquired taste, memerlukan pembiasaan dulu sebelum mereguk kenikmatannya.


Tapi kalau kita sudah sampai mereguk kenikmatannya... Sangat sensasional. Dagingnya so tender, manis, dan fluffy, dengan aroma kambing yang subtil. Sebuah pengalaman spiritual kuliner mulai dari mengunyah sampai menelannya. Anda bakal menikmati setiap kunyahan, setiap gigitan, dan setiap regukan bumbunya. Orang Perancis akan mengatakan, Pave d’agneau maroc, you’d love it, you’d come back for more. Keunggulan dari Gouzi ini adalah kelembutan dagingnya. Apabila kita pegang dengan kedua ujung jari kita, begitu terasa kelembutannya. Bahkan menurut juru masaknya, kita tak perlu menggunakan pisau untuk mengambil dagingnya. Cukup dengan sendok. Memang, saya merasakan sendiri kelembutan daging gouzi. Cukup menggunakan sendok untuk mengambil dan memilah-milah daging beserta lemak-lemaknya.

Tertarik?? banyak loh di Jakarta resto yang menyediakan Gouzi ini..

0 Comments:

Post a Comment

<< Home